HABITAT AYAM HUTAN

AHH (Ayam Hutan Hijau)

Ayam hutan hijau yang merupakan bahan dasar pokok untuk mencetak Ayam Bekisar, angka populasinya semakin hari semakin menurun oleh berbagai sebab. Daerah persebaran AHH pada awalnya ada di Pulau Jawa, Pulau Madura, Pulau Bali, Pulau Lombok dan Pulau Sumatera bagian selatan. Namun untuk daerah Sumatera bagian selatan tampaknya sudah hilang sama sekali. Sedangkan di tempat lain yang kami sebutkan, hampir di semua daerah masih ada namun populasinya berkurang drastis.

APAHI bisa memberikan data kasar jumlah populasinya jika ada pihak tertentu yang membutuhkan untuk kepentingan pelestarian.


AHM (Ayam Hutan Merah)

Ayam Hutan Merah ada banyak jenis yang kami temui. Dua yang paling popular yaitu AHMJ (Ayam Hutan Merah Jawa) dan AHMS (Ayam Hutan Merah Sumatera). AHMJ tersebar hampir di seluruh pulau Jawa, Bali, Lombok dan Madura. Namun kini justru AHMJ ini kian sulit ditemui. Di Pulau Jawa, AHMJ akan mudah didapatkan dibeberapa  daerah di Jawa Barat dan Jawa Timur saja. Di wilayah Jawa Tengah, AHMJ masih bisa ditemukan dalam angka yang sangat kecil untuk beberapa daerah. Menurut perkiraan kami, ada beberapa sebab  hingga AHMJ makin hari makin langka keberadaannya. Diantaranya adalah rendahnya nilai jual, tingkat kejinakan yang kurang di habitat aslinya, semakin sempitnya habitat asli AHMJ dan juga rantai makanan yang kurang seimbang; Banyak dimakan binatang buas.

Tulisan ini dipublikasikan di AHH, Ayam Hutan, Ayam Hutan Hijau dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan